Cara merawat sepatu berbahan kanvas supaya tetap awet

Saleindo.com – Siapa sih, yang nggak pernah pakai atau punya sepatu berbahan kanvas? Sepatu jenis ini sering dipakai dalam berbagai suasana karena dianggap awet, nyaman dipakai dan mudah dirawat.

Modelnya yang cenderung lebih santai membuat sepatu ini semakin digemari untuk kegiatan sehari-hari. Sepatu berbahan kanvas saat ini sudah tersedia dalam berbagai macam model, seperti sneakers, flats, dan juga high heels.

Kegunaannya yang pas untuk menemani berbagai kegiatan aktivitas membuat sepatu jenis ini rentan kotor dan cepat rusak. Kamu pasti pernah ngalamin kan?

Nah, tapi jangan khawatir. Untuk mengantisipasi kerusakan dan memperlama usia pakai sepatu kanvas kesayanganmu itu. Saleindo akan berbagi ilmu bagaimana cara merawat sesepatu berbahan kanvas supaya tetap awet.

Saat kotor jangan langsung di cuci.

Jika sepatu kanvasmu kotor karena terkena lumpur, terkena becekan hujan dan sebagainya, sebaiknya jangan langsung dicuci. Mencuci sepatu saat masih kotor justru memperluas noda kotoran karena basah. Sebaiknya, jemur dahulu dengan cara diangin-anginkan hingga kotoran mengering. Setelah kering, tepuk-tepuk sepatu sampai kotoran terlepas dari sepatu kanvasmu. Dengan begitu kamu akan lebih mudah membersihkannya saat mencuci.

Cuci dengan deterjen atau dengan pencuci piring.

Ada dua pilihan pembersih untuk mencuci sepatu kanvasmu, deterjen atau sabun pencuci piring. Jika sepatu benar-benar kotor gunakan deterjen agar lebih cepat bersih. Jika sepatu tidak terlalu kotor, gunakan sabun pencuci piring karena dianggap lebih ringan sehingga tidak akan membuat warna sepatu memudar.

Sebelum dicuci, sebaiknya lepaskan dulu semua tali dari sepatu dan sikat dahulu menggunakan air biasa. Setelah noda memudar, sikat menggunakan sabun. Gunakan sikat dengan bulu yang halus, ya, agar bahan kanvas tidak cepat rusak. Setelah selesai mencuci bilas dengan air hangat agar bersih.

Jangan lupa bagian dalam.

Jangan lupa bersihkan bagian dalam sepatu. Bagian dalam yang kotor rentan menyebabkan bakteri yang bisa menimbulkan bau kaki. Sikat perlahan menggunakan sikat gigi ke bagian dalam sepatu. Atau, bisa juga menggosok bagian dalam menggunakan kain lap tebal. Lakukan dengan lembut dan perlahan agar tidak mengubah bentuk sepatu.

Keringkan secara alami.

Jangan mengeringkan atau menjemur sepatu kanvasmu langsung di bawah sinar matahari. Cukup keringkan dengan cara diangin-anginkan saja. Kamu bisa menjemurnya di teras rumah yang terbuka, tetapi tidak terkena sinar matahari langsung. Hindari mengeringkan menggunakan hair dryer karena akan membuat bahan kanvas menjadi kering, kaku, dan rapuh.

Simpan dalam tempat tertutup.

Simpan sepatu di tempat yang tertutup saat tidak terpakai untuk menghindari terpapar debu. Menaruh sepatu di lantai dalam waktu yang lama dapat menyebabkan timbulnya jamur. Kamu bisa menggunakan kantung kain, kotak berbahan plastik atau mika, atau kotak sepatu sebagai tempat penyimpanan.

Hindari memasukan sepatu ke tempat penyimpanan saat masih basah karena dapat menimbulkan jamur. Taruh sepatu di ruang yang bersuhu normal, tidak lembap atau terlalu panas untuk menjaga sepatu tetap awet.

Beri pengharum sepatu.

Jangan lupa untuk menaruh pengharum khusus sepatu ke dalam kotak penyimpanan sepatu agar sepatu tidak berbau meski lama tidak dipakai. Hindari menggunakan kapur barus sebagai pengharum karena kapur barus mengandung bahan kimia yang dapat merusak kanvas sepatu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *