Pengertian Dropship, Cara Kerja, serta Kelebihan dan Kekurangannya

6 views

Pengertian dropship.

Dropship adalah salah satu jenis metode pemasaran atau penjualan produk, dimana si penjual barang tersebut tidak memegang atau memiliki barang yang ia jual secara langsung. Mungkin banyak yang bertanya tanya, Lohh bagaimana pembeli mendapatkan produknya jika si penjual tidak memiliki barangnya?. Si penjual produk tersebut sebelum mereka menawarkan dan memasarkannya ke konsumen, si penjual produk sudah mencari produk yang dia jual ke distributor ataupun produsen untuk dijadikan sebagai supplier si penjual barang tersebut.

Banyak sekali orang yang menyamakan dropship dengan reseller. Dropship dan reseller ini merupakan suatu hal yang sangat berbeda sekali meskipun di dalam sistem kerjanya ini sangat mirip dan hampir sama di mana si penjual bukanlah produsen langsung dari barang yang ia tawarkan. Ketika kita menjadi reseller kita harus membeli produk yang ingin kita jual terlebih dahulu sebelum melakukan transaksi dengan pembeli.

Jadi menurut pendapat saya resiko menjadi reseller ini sedikit lebih besar daripada menjadi dropship, meskipun begitu untuk mengambil keuntungan lebih mudah jika menjadi reseller karena biasanya harga yang di dapatkan dari supplier bisa lebih murah daripada saat kita menjadi seorang dropshipper, namun ini semua tergantung pintar pintarnya kita.

Cara kerja dropship.

Cara kerja dropship ini jika baru pertama kali mengetahuinya mungkin akan beranggapan bahwa menjadi dropship ini merupakan hal yang cukup rumit, namun sebenarnya jika sudah terbiasa beberapa kali melakukan dropship ini merupakan pekerjaan yang cukup menjanjikan dan juga cukup ringan dalam pengerjaannya.

Apalagi jika kita masih baru dalam hal dropship, kita bisa melakukan hal ini sebagai pekerjaan sampingan untuk mencari uang tambahan, karena untuk melakukan dropship ini tidak membutuhkan banyak waktu, modal yang di perlukan sedikit, dan yang paling penting adalah kita bisa melakukannya kapan saja dan dimana saja. Tentunya resiko yang ada juga sangat minim sekali.

Nah berikut ini merupakan Cara Kerja Dropship dan Sedikit Penjelasan Mengenai Cara Dropship, silakan teman teman baca di bawah ini. Sistem Kerja Dropship dan Penjelasannya :

Penjual mencari supplier produk.

Langkah pertama yang harus di lakukan seseorang ketika ingin mendropship suatu barang adalah mencari terlebih dahulu distributor atau produsen barang yang tepat untuk di jadikan supplier. Saat mencari supplier ini usahakan jangan hanya mencari harganya saja yang murah, tetapi teman teman juga harus melihat kualitas barang yang mereka jual harus sesuai dengan ekspetasi teman teman dan juga sesuai dengan harga yang di tawarkan setidaknya.

Untuk memastikan barang tersebut teman teman bisa dengan cara mendatangi supplier tersebut jika memungkinkan atau jika tidak memungkinkan teman teman bisa mencoba untuk membeli produk orang yang akan di jadikan supplier untuk memastikan kualitas barang tersebut. Hal ini dilakukan untuk meminimalkan komplain pembeli kepada teman teman setelah bertransaksi, padahal teman teman sendiri mendapatkan barang tersebut dari supplier.

Mempromosikan produk atau menawarkan produk.

Kemudian hal selanjutnya adalah mempromosikan produk yang telah kita dapatkan suppliernya, menurut saya di zaman yang sudah modern dan serba digital ini, melakukan promosi produk itu sangat mudah sekali.

Dalam memasarkan produk untuk di dropship kita bisa menggunakan sosial media seperti facebook, instagram, hingga whatsapp dan bisa juga dengan memanfaatkan toko online dan marketplace untuk kita gunakan sebagai penjualan metode dropship seperti toko pedia, buka lapak, shopee, hingga situs toko online pribadi milik orang lain.

Namun tetap kembali pada poin satu, agar rating kita semakin bagus di mata pembeli sehingga komplen yang kita dapatkan rendah selain itu juga si pembeli terpuaskan dengan produk yang kita jual, tentu saja kita harus mempromosikan produk yang sudah di pastikan kualitasnya.

Sedikit tips untuk menawarkan produk kita, promosikanlah secara tertarget dan jangan asal asalan, seperti contoh kita memasarkan produk baju gamis dengan logika saja tentu saja kita harus memasarkan produk tersebut kepada para wanita, jika teman teman menggunakan facebook untuk media promosinya maka carilah grup facebook yang memiliki banyak anggota wanita seperti grup memasak dan sebagainya.

Atau bisa juga dengan mengirim inbox satu persatu kepada orang yang telah di targetkan. Setidaknya jika kita melakukan promosi tertarget pasti paling minim akan ada 5 orang yang tertarik dari 100 orang yang kita beri tawaran, berbeda halnya jika kita asal promosi.

Melakukan transaksi dengan pembeli.

Setelah kita melakukan mendapatkan orang yang akan membeli produk yang kita pasarkan tadi, banyak sekali cara yang dilakukan para pelaku dropship. Mulai dari menggunakan sistem pembayaran di awal hingga sistem DP. Intinya proses kerja transaksi antara pelaku dropship dengan pembeli adalah seperti ini.

  1. Pembeli melakukan order.
  2. Pembeli mengirim uang ke penjual / pelaku dropship (uang yang dikirim sudah termasuk keuntungan yang di ambil dari harga produk oleh si penjual).
  3. Penjual menerima uang.
  4. Penjual mengambil keuntungan dari uang yang telah di kirimkan tadi.
  5. Penjual berkomunikasi / melakukan order ke supplier.
  6. Penjual membayar produk ke supplier.
  7. Supplier mengirim barang kepada pembeli.

Secara singkatnya cara kerja transaksi dari sistem atau metode dropship hanya seperti itu saja, meski terlihat ribet jika di lihat, namun ketika sudah mencoba untuk melakukannya usaha dropship ini merupakan usaha yang mudah dan tidak membutuhkan banyak sumber daya.

Kelebihan bisnis dropship.

  • Modalnya kecil, untuk memulai bisnis dropship ternyata modalnya sangat kecil, bahkan nyaris tanpa modal. Alasannya, kita tidak perlu membeli barang terlebih dahulu, dan tidak perlu lahan/ gudang untuk menyimpan barang yang dijual.
  • Cenderung mudah dijalankan, usaha dropship cenderung mudah dikerjakan oleh siapa saja karena prosesnya sederhana dan singkat. Bagian tersulitnya adalah menemukan supplier terbaik dan proses pemasaran produk di internet.
  • Biaya operasional kecil, biaya operasional bisnis dropship secara online termasuk sangat kecil karena tidak perlu menyewa toko fisik. Namun tentu saja biaya internet, listrik, dan pengeluaran lain harus diperhitungkan.
  • Risiko kecil, pada sistem dropship, ketika barang rusak atau tidak terjual maka si penjual tidak akan kehilangan apapun. Itulah sebabnya mengapa bisnis ini risikonya sangat kecil.
  • Kerja fleksibel, pada dropship online si penjual dapat menjalankan usahanya dari mana saja dan kapan saja. Namun, tentu saja penjual harus memiliki perangkat laptop atau smartphone dan juga koneksi internet yang stabil.

Kekurangan bisnis bisnis dropship.

  1. Persaingan ketat, karena dianggap bisnis yang mudah dan murah, banyak orang yang juga menjalankan bisnis yang sama bahkan menjual barang yang sama. Hal ini menimbulkan persaingan yang samakin besar, khususnya untuk ceruk tertentu.
  2. Keuntungan relatif kecil, persaingan yang ketat antar penjual membuat sebagian orang menurunkan harga. Dengan adanya persaingan harga tersebut maka keuntungan dari setiap item yang dijual menjadi lebih kecil.
  3. Sulit mengelola stok barang, ini sering terjadi bila pemilihan produknya masif sehingga sulit mengetahui stok barang yang masih tersedia di supplier. Pada akhirnya akan membuat penjual sulit mengembangkan usahanya.
  4. Kompleksitas pengiriman, ketika penjual memasarkan produk dari beberapa supplier, hal tersebut akan menyebabkan membengkaknya biaya pengiriman. Misalnya, customer memesan 4 barang yang masing-masing disediakan oleh tiga supplier berbeda, maka biaya pengirimannya tidak bisa disatukan dan menjadi lebih mahal.
  5. Menerima komplain, penjual merupakan pihak yang berhubungan langsung dengan customer. Tidak perduli bila kesalahan dilakukan oleh supplier atau jasa pengiriman barang, yang akan menerima komplain adalah si penjual.
  6. Kontrol merek rendah, penjual tidak dapat menggunakan kemasan khusus atau menyertakan produk gratis (misalnya sticker promosi) pada barang yang dibeli customer karena proses packing dan pengiriman dilakukan oleh supplier.

Itulah penjelasan ringkas Pengertian Dropship, Cara Kerja, serta Kelebihan dan Kekurangannya secara umum. semoga artikel ini bermanfaat dan menampah wawasan anda.

Leave a reply "Pengertian Dropship, Cara Kerja, serta Kelebihan dan Kekurangannya"

Author: 
    author